BERBUAT BAIKLAH

Selamat membaca kembali di postingan kali ini, semoga para pembaca sekalian , sehat walafiat dan mendapatkan keberkahan dari yang maha kuasa, mari disimak dengan baik -baik ya, agar pesan moral nya tersampaikan dengan baik.



  Berbuat baik itu tidak harus menunggu seseorang untuk berbuat baik, atau tidak harus menunggu saat dibutuhkan atau di suruh untuk melakukan kebaikan.  Terus saja berbuat baik pada siapapun, karena kebaikan itu juga tidak pernah memandang seseorang dan kebaikan yang didasari dari hati yang tulus pasti akan menjadi buah iman dalam hati..
  Baik saja sama siapapun walau diperlakukan tidak baik. Toh kebaikan yang kita lakukan bukan atas dasar mereka yang berbuat jahat sama kita, kebaikan yang tidak di sebut-sebut itulah hakekatnya kebaikan tanpa nafsu dalam jiwa.

  Berbuat kebaikan kepada sesama pada hakikatnya adalah salah satu kebutuhan manusia. Betapa sulitnya kehidupan ini jika kita sesama  manusia tidak saling berbuat baik. Betapa kacaunya kehidupan bermasyarakat kalau manusia selalu berbuat keburukan dan kezhaliman terhadap sesamanya.

  Apalagi dizaman modern ini, tidak ada manusia yang bisa hidup layak tanpa saling berbuat baik ataupun bekerjasama dengan orang lain. Sungguh kita tidak akan mampu memenuhi semua yang kita butuhkan dalam hidup ini. Oleh karena itu maka Allah telah memerintahkan kita untuk senantiasa berbuat baik atau melakukan kebaikan terhadap sesama.
 Membalas perbuatan buruk dengan kebaikan. Inilah tingkat paling tinggi dalam berbuat kebaikan. Tabiat manusia adalah selalu ingin membalas keburukan yang diterimanya, bahkan ada yang ingin membalas dengan keburukan yang lebih besar. Islam membolehkan membalas keburukan dengan keburukan yang setimpal. Tapi berbuat baik yaitu dengan tidak membalas atau bersabar bahkan kalau membalas adalah dengan kebaikan maka itu lebih utama.
Semoga bermanfaat. :-)