Renungan Kehidupan

Renungan Kehidupan
Sebentar lagi bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan bagi kita semua, mari kita perbanyak amalan-amalan ibadah dalam sehari-hari dan memperbanyak taubat kepada Allah Subchanahu wa Ta'ala. Mari kita renungi semua dosa-dosa yang telah kita perbuat. Agar kita bisa lebih takut terhadap azab Allah yang nyata adanya. Kita semua tentunya sudah tau bahwa semua dosa yang kita lakukan, disaksikan oleh Allah dan malaikat-malaikat-Nya. Dan karena dosa-dosa itu jualah, kita akan mendapatkan azab dan siksaan yang sangat pedih dari Allah. Terkadang, kita yang sudah merasa punya dosa sangat banyak, sampai minder untuk minta ampunan dan rahmat dari Allah. Padahal, jika kita memang serius mau bertaubat, sesungguhnya ampunan Allah sangat terbuka lebar untuk kita.

Dalam Al-Qur'an surat Az Zumar ayat 54 sampai ayat 58. Allah SWT berfirman :

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). 

Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya, supaya jangan ada orang yang mengatakan: “Amat besar penyesalanku atas kelalaianku dalam (menunaikan kewajiban) terhadap Allah, sedang aku sesungguhnya termasuk orang-orang yang memperolok-olokkan (agama Allah), 

atau supaya jangan ada yang berkata: ‘Kalau sekiranya Allah memberi petunjuk kepadaku tentulah aku termasuk orang-orang yang bertakwa’. 

Atau supaya jangan ada yang berkata ketika ia melihat azab ‘Kalau sekiranya aku dapat kembali (ke dunia), niscaya aku akan termasuk orang-orang berbuat baik’.”(QS. Az Zumar : 54 – 58)

Subhanallah. Ayat ini benar-benar memberi peringatan untuk kita yang sudah sangat banyak dosanya untuk segera bertaubat sebelum datang azab Allah dan akhirnya kita hanya bisa menyesal dan terpuruk dalam penderitaan.

Mari kita sama-sama memperbanyak dzikir dan memperbanyak taubat kepada Allah, agar kita semua diberi keselamatan dunia dan keselamtan akhirat, mati dalam keadaan chusnul khotimah, diberi kemudahan dalam urusan dunia dan akhirat, serta kelak dikumpulkan dalam golongan-golongan orang-orang yang mukmin.

Wassalam....


Related Posts