Sedekah Tanpa Doa

Berikut ini ada sebuah kisah untuk kita semua, kisah seorang yang bersedekah tanpa meminta doa atau harapan apa-apa tetap saja diterima oleh Allah bahkan Allah memberinya rizki di luar dugaannya. semoga kisah ini memberi kita inspirasi dan memberi kita semangat untuk mendekatkan diri kepada Allah subchanahu wa ta'ala, berikut ini kisahnya

Malam itu, tepat di malam ke 21 di bulan Ramadhan, saya menyimak tausiah tentang sedekah. Saat itu saya baru-baru kenal yang namanya ilmu sedekah. Dan dalam tausiah tersebut disampaikan hadits Rasulullah :

“Sedekah yg paling baik adalah sedekah yang dikeluarkan dalam bulan Ramadhan.”(Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)

Setelah mendengar hadits tersebut, saya langsung bersemangat untuk mengeluarkan sedekah. Setelah taraweh, saya langsung keliling kota untuk mencari orang yang bisa dikasih sedekah. Waktu itu, jujur, saya tidak mengharapkan apapun dari sedekah saya. Saya tidak punya hajat khusus. Saya cuman pengen sedekah, itu aja.

Setelah berkeliling, akhirnya saya bertemu dengan seorang bapak tua di pinggir jalan. Beliau terlihat sangat lemah dan sudah tua. Karena niat saya memang sedekah, akhirnya saya datangi bapak tua tersebut dan saya berikan sejumlah uang untuk beliau. Setelah itu, saya langsung pergi.

Di tengah jalan, saya masih kepikiran. Saya masih kurang puas menolong bapak tua tadi. “Mumpung ini masih bulan Ramadhan, masa saya cuman sedekah segitu? Lagian kalo cuman dikasih uang, beliau mau beli makan dimana? Jangankan buat keliling cari makan, buat berdiri aja susah.” Itulah yang ada di pikiran saya saat itu. Akhirnya saya mampir di sebuah warung makan, saya beli sebungkus nasi dan dua botol air mineral. Selesai beli, saya kembali ke tempat bapak tua tadi.

“Assalamu’alaikum Pak, ini ada makanan sama minuman. Semoga bisa bermanfaat ya pak.”

Bapak tua tersebut kaget dan langsung mendoakan saya.

Alhamdulillah, ada kepuasan tersendiri di saat kita bisa menyenangkan orang lain. Setelah itu, saya pulang ke rumah dan istirahat. Dan tetap saja, saya tidak minta apapun ke Allah saat itu.

Besoknya, setelah sholat subuh, saya tertidur (note : ini contoh yang buruk, jangan ditiru ya, He He). Karena saat itu masih bulan puasa, jadi jam masuk kantor agak siang, yaitu jam 9 pagi. Jam 8, HP saya bunyi. Ternyata telp itu dari salah satu bos saya di kantor, beda divisi sih, tapi saya pernah bantu beliau membuat aplikasi untuk keperluan divisinya. Saya pikir, cuman masalah kerjaan. Tapi ternyata dugaan saya salah.

“Assalamu’alaikum, selamat pagi mas Hendra?”

“Wa’alaikumsalam..Siap pak, ada yang bisa dibantu?”

“Hehe..Maaf mengganggu Mas, masih tidur ya?” (Hadeuh, suara orang bangun tidur ternyata ketauan banget yak. Hehe)

“Hehe..Enggak pak, udah bangun kok, barusan..Gimana Pak?”

“Gini mas, nanti kalo udah ke kantor, mampir ke ruangan saya ya. Ada sesuatu nih dari saya.”

“Ooh gitu, oke Pak, siaap..”

Telpon ditutup, saya langsung bergegas mandi, sholat Dhuha, dan langsung ngacir ke kantor. Sesampainya di ruangan Bapak tadi, beliau bilang, “Gimana kabarnya mas, sehat?”

“Alhamdulillah Pak, sehat..”

“Mudik kapan rencananya nih? Udah beli tiket? Biasanya mudik naik apa?”

“Hehe..Belum beli tiket pak. Biasanya naik bus aja, soalnya naik pesawat mahal. Apalagi kalo musim lebaran gini.”

“Berapa jam kalo dari Balikpapan ke Banjarmasin naik bus?”

“Sekitar 14 jam Pak, lumayan..Hehe..”

“Oowh gitu, ya udah mas. Jadi gini, ini ada ucapan terima kasih dari divisi kami karena selama ini Mas Hendra sudah membantu banyak di urusan aplikasi. Ini tiket pesawat Balikpapan – Banjarmasin, buat mudik, diterima ya mas..”

Jujur saya sangat kaget waktu itu, selama ini saya mudik selalu naik bus, 14 jam perjalanan darat dan 1 jam nyebrang laut. Tapi Alhamdulillah, lebaran kali itu saya mudik naik pesawat. Dan setelah saya cek, harga tiket tersebut kurang lebih 10x lipat dari sedekah yang saya keluarkan di malam harinya. Subhanallah. Allah Maha Melihat. Janji Allah itu benar. Masya Allah.

Sejak saat itu, saya makin percaya dengan keajaiban sedekah.

Semoga kisah ini bermanfaat. Ini benar-benar saya alami 3 tahun yang lalu.

Sedekah tanpa doa, tetap dibalas oleh Allah dengan balasan yang terbaik. Subhanallah.