Yang Harus Di Lakukan Ketika Kita Berdengung

Kita pasti pernah merasakan atau mengalami telinga kita berdengung, atau mengeluarkan suara bunyi entah dari mana asalnya itu.

Sesungguhnya suara “nging” dalam telinga itu karena Rasulullah SAW me­nyebut orang yang telinganya bersuara itu dalam perkumpulan yang tertinggi (al-malail-a`la) dan supaya ia ingat kepada Rasulullah SAW dan membaca shalawat kepada beliau. Dalam kitab al-`Azizi `ala Jami`ish Shaghir dikatakan, “Jika telinga salah seorang kalian berdengung, hen­daknya ia mengingat aku (Rasulullah SAW) dan membaca shalawat kepadaku serta mengucapkan Dzakarallahu man dzakarani bikhayr (Allah menyebut yang menyebutku dengan kebaikan).” Imam Al-Manawi berkata, “Sesungguhnya te­linga itu berdengung ketika datang berita baik ke ruh, yaitu Rasulullah SAW telah menyebut orang tersebut (pemilik telinga yang berdengung) dengan kebaikan di al-malail-a`la (perkumpulan atau majelis tertinggi) di alam ruh.”

Oleh karena itu hendaknya kita ketika telinga berdengung maka kita di sunnahkan untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad S.A.W serta berdzikir kepada Allah SWT. bukan hanya meniup telinga kita saja.

semoga bermanfa'at