Keutamaan Hari Jum'at Bagi Kaum Muslim

Keutamaan Hari Jum'at Bagi Kaum Muslim

Apakabar sahabat-sahabatku, sudah shalat jum'at kah??? Tidak terasa hari ini sudah hari jum’at ya….semoga hari ini menjadi hari kebahagian kita semua, karena banyak sekali keutamaan di hari jum’at ini. Tentunya para sahabat sudah tau dong tentang keutamaan tentang hari jum’at. Kalau sahabat-sahabat masih ada yang belum  tau tentang keutamaan hari jumat, berikut ini saya akan berbagi tentang hadits-hadits nabi dan keutamaan-keutamaan hari jum’at yang saya punya, semoga bisa menjadikan kita lebih semangat lagi dalam berbuat kebaikan yang tentunya dihari jum'at yang penuh berkah ini :

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“ Diantara hari kalian yang paling utama adalah hari jum’at. Di hari jum’at Adam AS diciptakan, di hari jum’at dia meninggal, di hari jum’at terompet sangka kala di tiup dan di hari jum’at semua makhluk pingsan. Kalian perbanyak shalawat kepadaku, karena bacaan shalawat kalian itu sampai kepadaku. Sesungguhnya Allah mengharamkan tanah dan bumi memakan jasad para Nabi”
(HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim)

Nabi Muhammad SAW bersabda :
Dari Aus bin Aus RA, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :
“ Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub di hari jum’at, kemudian bersegera (pergi) dan berjalan kaki dan tidak menaiki kendaraan, lalu duduk mendekati imam, lalu mendengarkan khotbah dan tidak melakukan tindakan maupun perkataan yang sia-sia, maka ia mendapatkan untuk setiap langkahnya amalan setahun pahala puasa beserta shalatnya ” (HR Ahmad)

Di dalam hadits Muslim disebutkan, bahwa dari Abu Hurairah dan Hudzaifah Radhiallahu ‘Anhum, mereka berkata :

“Allah telah merahasiakan hari Jum’at terhadap umat sebelum kita, maka orang-orang Yahudi memiliki hari sabtu, orang-orang Nashrani hari ahad, kemudian Allah mendatangkan umat Islam, maka Dia menunjukkan kita hari Jum’at ini, kemudian Allah menjadikan urutannya menjadi jum’at, sabtu, ahad, demikian pula mereka akan mengikuti kita pada hari kiamat, kita adalah umat terakhir di dunia ini namun yang pertama di hari kiamat, yang akan diputuskan perkaranya sebelum makhluk yang lain.” (HR. Muslim)

Di dalam hadits lain, Rasulullah Saw. Bersabda :

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا

“Hari terbaik bagi matahari untuk terbit adalah hari Jum’at, pada hari Jumat Adam diciptakan, dan pada hari Jumat pula dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga.” (HR. Muslim)

Hubungannya dengan berwudhu di hari Jumat dalam hadits Muslim dijelaskan.

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا

“Barangsiapa yang berwudhu lantas dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia mendatangi shalat jum’at, kemudian dia mendengarkan (khutbah) dan tidak berbicara, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu sampai hari jumat depannya, ditambah tiga hari. Dan barangsiapa yang memegang-megang batu kerikil (maksudnya membersihkan debu sekalipun), maka dia telah berbuat lahan (kesia-siaan = waktu tidak dipergunakan mendengarkan khutbah).” (HR. Muslim)
 
Dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

“Antara shalat 5 waktu, antara shalat jumat satu ke shalat jumat berikutnya, dan antara puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya merupakan pelebur untuk dosa di antara keduanya (waktu-waktu tersebut), apabila dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

Dari sekian banyak keutamaan hari Jumat, Allah menjadikan pada hari Jum’at sebagai hari istimewa apabila bertepatan dengan hari raya umat muslim. Dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad bersabda :

“Sesungguhnya hari ini (Jum’at) merupakan hari raya, Allah menjadikannya (pada hari Jum’at) istimewa bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang akan mendatangi shalat jum’at maka hendaklah dia mandi.” (Ibnu Majah)

Keutamaan hari jum’at lainnya  adalah setiap hamba akan dikabulkan do’a mereka. Apabila seorang hamba meminta kepada Allah (berdoa dan memohon) maka Allah akan mengabulkan permohonannya. Seperti yang pernah dijelaskan dalam sebuah hadits, dari Abi Hurairah bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda :

“Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat 1 (satu) waktu dimana setiap seorang muslim akan mendapatkannya dan dia tengah berdiri mengerjakan shalat, kemudian dia meminta kepada Allah suatu kebaikan maka Allah akan memberikannya (mengabulkan), dan dia (Nabi Muhammad) berisyarat dengan tangannya bahwa saat tersebut (hari Jumat) sangat sedikit.”
(HR. Muslim dan Bukhari)

Keutamaan lain tentan hari Jumat adalah hari Jumat merupakan hari dihapuskannya dosa-dosa. Sesuai dengan hadits, dari Abi Hurairah bahwa Nabi Muhammad bersabda :

“Shalat 5 waktu, dari Jum’at ke Jum’at yang lainnya dan dari Ramadhan ke Ramadhan yang lain merupakan penghapus dosa antara keduanya selama dosa-dosa besar dijauhi” (HR Muslim)

Hari Jumat merupakan hari yang besar atau agung dimana Allah mengistimewakan umat Islam dalam mengisi hari Jumat. Pada hari Jumat manusia pertama yakni Nabi Adam diciptakan, pada hari Jum’at Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga, serta hari Jumat Nabi Adam dikeluarkan dari Surga dan pada hari Jumat kiamat akan terjadi.

Hari Jumat juga sebagai hari raya umat Islam (hari raya setiap 1 pekan), dalam hari itu kaum muslim melaksanakan shalat berjamaah atau Jumatan. Di penghujung waktu (waktu ashar) merupakan waktu mustajabah untuk berdoa kepada Allah dan Allah akan mengabulkan setiap do’a orang yang memohon kepada Allah SWT di akhir pergantian waktu tersebut, yaitu antara shalat ashar dan maghrib.

 ***********************
Jadi Keutamaan Hari Jum’at :

1. Hari paling utama di dunia
2. Hari bagi kaum muslimin
3. Hari yang paling mulia dan merupakan penghulu dari hari-hari
4. Waktu yang mustajab untuk berdo’a
5. Dosa-dosanya diampuni antara jum’at tersebut dengan jum’at sebelumnya

Amalan-Amalan yang baik yang Disyari’atkan pada Hari Jum’at

1. Memperbanyak shalawat
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamberkata,

“Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.”
 (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

2. Membaca surat Al Kahfi
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

3. Memperbanyak do’a (HR Abu Daud)
4. Shalat jum’at (wajib bagi laki-laki),  Amalan-amalan shalat jum’at : 
  • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
  • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
  • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

Bagaimana sahabat? Alangkah bahagianya kita, karena kita masih diberi nikmat Allah untuk menikmati hari jum’at ini. Hari yang paling mulia diantara 7 hari yang lainnya. Tentu sahabat-sahabat (yang laki-laki) tak melupakan sholat jum’at kan, alangkah ruginya kalau sampai kita meninggalkan shalat jum’at. Karena kita sudah membaca hadits-hadits diatas dan keutamaan-keutamaan lainnya. 


Semoga bermanfa'at
Jazakallah......

Related Posts